Prosedur Mengatasi Kick

Prosedur yang dilakukan untuk mengatasi kick sangat tergantung dengan kondisi sumur tersebut, dalam keadaan ada drillstring ataupun tidak ada drillstring di dalam sumur.

Kasus drillstring dicabut dari sumur

Satu metoda yang digunakan ketika tidak ada drillstring di dalam sumur adalah dengan metoda volumetrik. Metoda ini memanfaatkan ekspansi gas untuk menjaga tekanan dasar sumur lebih besar daripada tekanan formasi. Pengaturan tekanan dilakukan dengan bleed off pada choke dalam jumlah yang sedikit saja. Proses ini mengizinkan gelembung udara untuk mencapai ke permukaan akibat adanya gaya bouyancy. Ketika gas mencapai permukaan maka secara perlahan lahan di bled off sambil memompakan lumpur perlahan lahan ke dalam sumur melalui kill line. Setiap gas yang keluar, lumpur yang lebih berat harus disirkulasikan. Semua proses ini bekerja pada snubbing unit. Peralatan tersebut mengizinkan pipa berdiameter kecil masuk ke dalam sumur melalui BOP.

Kasus Drillstring terpasang di sumur

Ketika kick terjadi saat melakukan pengeboran, maka teknik mengatasinya adalah :

  • Mensirkulasikan keluar fluida formasi
  • Mengganti mud lama dengan mud baru yang lebih berat sesuai dengan tekanan formasi

jika kick terjadi ketika dilakukan pengeboran maka kondisi drillstring harus tidak dalam keadaan tergantung agar influx tidak tersikulasi keluar. Kondisinya dalam hal ini adalah stripping dimana pipa diizinkan bergerak melalui BOP.

Pada dasarnya ada dua metoda untuk mengatasi kick ketika drillstring berada di dasar sumur, yaitu :

  • Once Circulation
  • Driller

Metoda Driller

Pada metoda ini influx pertama kali disirkulasikan keluar dengan mud lama. Kemudian mud yang lebih berat densitasnya disirkulasikan ke dalam sumur.  Adapun prosedur lengkapnya terdiri dari 4 tahap :

  1. Mensirkulasikan influx ke permukaan. Pada tahap ini, sirkulasi harus berjalan pada contant rate. Mud lama ditambahkan melalui standpipe dengan tekanan tertentu
  2. Membuang influx.
  3. Mengisi drillstring dengan lumpur yang lebih berat
  4. Mengisi annulus dengan lumpur yang lebih berat

There are no comments on this post.

Tinggalkan komentar