4 Fungsi Valve Pada Xmas Tree

christmas tree

Pada Xmas tree ini, kita melihat terdapat empat valve yang terpasang.

Pada bagian bawah terdapat valve yang dinamakan master valve. Valve ini bertujuan untuk mengalirkan fluida ke permukaan. Karena perannya yang sedemikian maka valve ini bisa dikatakan sebagai valve induk. Valve ini terbagi menjadi dua yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada bagian bawah, valve ini dioperasikan secara  manual sedangkan bagian atas dioperasikan dengan bantuan hidrolik.

Bagian atas  adalah Swab Valve yaitu manual gate valve yang dibuka untuk membiarkan tekanan fluida mencapai top adapter untuk membaca tekanan, mengambil sample fluida dan juga untuk lewatnya wireline unit.

Bagian kiri dan kanan adalah wing valve. yaitu manual gate valve yang digunakan untuk operasi penutupan dan pembukaan secara normal sehingga valve ini paling sering mengalami kerusakan. Namun fungsi wing kanan dan wing kiri berbeda. Pada wing kiri dinamakan Kill Wing Valve sedangkan pada wing kanan dinamakan Flow Wing Valve atau Production Wing Valve. Fungsi dari Kill wing valve adalah untuk menginjeksikan fluida seperti inhibitor terhadap korosi atau methanol untuk mencegah terjadinya hidrasi pada formasi. Fungsi dari flow wing valve adalah mengalirmasukkan hidrokarbon menuju fasilitas produksi selanjutnya.

 

Satu Tanggapan

  1. ok makasih banyak bro Tuhan Yesus memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: