2 Huruf Sebuah Pil Kesuksesan

Mengenai kepribadian yang suka menolak, gw jadi inget dengan film YES MAN dimana sosok yang selalu menolak tawaran atau permohonan dari lingkungan sekitarnya akan berdampak kesengsaraan. Peluang peluang emas untuk sukses hilang hanya karena kita takut waktu kita terbuang untuk hal hal yang tak berguna. Sebaliknya, orang yang bersifat approveable malah akan disenangi orang dan akan menawarkan keberuntungan kepada kita. Namun tidak selamanya menjadi karakter YES MAN itu membawa berkah

Kenapa karakter YES MAN perlu kita anut ? Membuat orang lain senang adalah sebab dari akibat kita menjadi orang yang kaya. Kok bisa? Banyak orang yang bekerja di suatu perusahaan sebab informasi dari rekannya. Itu sudah termasuk kaya karena teman kita. Teman ita bisa mau memberikan informasi karena merasa nyaman dengan kita. Rasa nyaman itu timbul karena kita memberikan rasa nyaman kepadanya.

Contoh lain adalah riwayat di dalam hadist yang menanyakan soal hal hal apa saja yang dapat melancarkan rezeki. Salah satu point di dalam daftar terurutnya adalah memperbanyak silaturrahim. Perbanyak silaturrahim juga perlu keterampilan bertamu. Tidak hanya sekedar datang. Yang terpenting disini adalah memberikan kenyamanan kepada orang lain. Bisa dalam bentuk bercerita tentang suka cita, memberikan oleh oleh, dan lain sebagainya. Ingatlah, tujuan dari silaturrahim adalah mempererat persaudaraan. Persaudaraan semakin erat karena kita mampu memberi kesenangan kepada orang lain.

Tidak selamanya karakter YES MAN membawa berkah. Sikap menerima tidak perlu harus kita sama ratakan ke semua kondisi. Jangan sampai kita approveable terhadap hal hal yang melanggar norma norma yang kita anut. Misalnya saja, mengatakan “ya” apabila diajak teman untuk merokok, mengatakan “ya” apabila diajak untuk pesta miras, dan lain lain. Selain itu, jangan sampai kita mengatakan “ya” pada suatu hal dimana hal tersebut sedang berada di bawah kepentingan yang lebih penting dan urgent.

Marilah biasakan untuk sering sering menerima tawaran dan menyanggupi permohonan orang lain. Tolak hal hal negatif ambil segala yang positif. Praktikan 6 tobi’at luhur yaitu rukun, kompak, kerja sama yang baik, jujur, amanah, dan mujhid muzhid (kerja keras, tirakat banter). Pasti kita akan dibanjiri tawaran tawaran kebaikan dari sekeliling kita

Satu Tanggapan

  1. like this🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: