Analisis sistem produksi

Suatu sumur produksi diproduksi dan dikomplesi untuk mengalirkan minyak atau gas dari posisi aslinya di reservoir menuju stock tank. Pergerakan dari fluida ini membutuhkan energi untuk mengatasi adanya friction loss di dalam sistem dan untuk pengangkatan hidrokarbon ke permukaan. Fluida harus melalui resrvoir dan piping system kemudian mengalir ke separator untuk pemisahan gas dan liquid. Sistem produksi terdiri dari beberapa komponen dimana hubungan antara sub-system terjadi pressure loss.

Pressure drop dari kesemuaan sistem produksi adalah Pres – Psep. Pressure drop ini adalah hasil penjumlahan keseluruhan pressure drop yang terjadi antar 2 sub-system. Karena besarnya pressure drop ini dipengaruhi oleh laju alir di dalam system maka yang perlu diotak atik adalah laju alirnya. Bagaimana laju alir dirubah rubah sangat bergantung kepada desain masing masing subsystem. Berhubung masing masing komponen saling mempengaruhi satu sama lain, perubahan pressure drop pada salah satu hubungan antar subsystem akan mempengaruhi keseluruhan perubahan pressure drop di atasnya. Pressure loss adalah hasil representasi dari reynold number dimana faktor lain yang mempengaruhinya adalah diameter, viskositas, dan densitas.

Salah satu komponen yang tidak optimal akan mengakibatkan keseluruhan sistem produksi menjadi tidak optimal. Misalnya nilai ekonomis produksi berkurang hanya karena tubing atau flow line terlalu kecil. Namun jika tubing dan flowline terlalu besar akan mengakibatkan error pada saat mendesign komplesi. Inilah yang sering terjadi sehingga laju alir produksi sangat besar yang dapat mematikan sumur. Jika sudah terjadi demikian, selain uang untuk peralatan, kita harus mengeluarkan uang untuk artificial lift atau kompresi.

Kita perlu memahami sebuah konsep yang menjelaskan sistem produksi yang telah dijabarkan di atas. Konsep ini juga akan menjelaskan dimana terjadinya resistansi laju alir yang begitu besar atau besarnya jumlah pressure drop dalam subsytem.

<to be continued>

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: