Yerba maté : Teh Khas dari Uruguay

Beruntung gw bisa menikmati teh khas Uruguay ini, namanya adalah mate. Cuman kalo mau tahu bagaimana deskripsi lengkap dari teh ini, lo bisa search di Google : Yerba maté. Rasanya? beuuuh mantap bung!

Teh ini nampak agak berbeda dengan teh yang biasa kita minum.  Emang bener! Nggak cuman dari bentuk fisiknya ajah tapi cara buatnya, cara minumnya dan rasanya juga beda. Persamaannya, mate ini masih satu marga sama teh, sama sama minuman hasil ekstraksi sari dedaunan.

Cara penyajian teh ini cukup unik. Lo harus memiliki gelas khusus sebelum mau minum mate. Gelas ini diisi sama serbuk teh kemudian dituangkan air panas. Cara minumnya harus pakai sedotan aluminium yang sudah jadi satu paket sama saringan yang ada di dalem gelas. Saringan ini fungsinya sama dengan saringan teh yang biasa kita minum. Bedanya kalo saringan ini kita taro di mulut gelas pas mau bikin teh. Kalo saringan gelas mate terletak di dalem sehingga selain nyaring fungsinya juga sebagai menampung serbuk teh yang masuk.

Menurut gw, teh mate lebih praktis daripada teh yang biasa kita minum. Karena kita bisa minum teh sebanyak yang kita mau dalam satu kali penyajian. Yang menentukan banyak nggaknya teh ini adalah air hangat yang kita siapin. Walaupun gelas teh ini kecil, cuman kalo sudah habis, lo bisa merefill lagi tanpa ribet mulai dari awal. Cita rasanya juga menjamin mantep karena masih banyak jumlah serbuk teh daripada airnya.

Rasanya juga pahit pahit manis gimana gitu. Awalnya sih rasanya masih aneh bagi gw. Cuman lama lama enak juga kalo diminum. Biar mau manis, air hangat yang dimasukin udah kita campur gula dulu. beuuhh… mantap!

Kalo udah minum teh mate ini, lo bakal berasa di amerika latin bung. Lo bisa membayangkan lingkungan di tengah padang rumput yang luas nan sejuk. Suasana ala koboy juga terasa hingga pangkal lidah. mantep boyy

 

 

3 Tanggapan

  1. mantaaaaaaaaaaaaaaapppp :p
    rambut baru, baju baru, teh rasa baru.. oke!!!
    hhahahaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: