Bedanya Sholat Orang Masjidil Harom sama Orang Indonesia

Gw perhatiin ada yang aneh nih gan! Pas Ramadhan kemarin, Ditayangin kondisi tarawih di Masjidil Harom. Nah gw menemukan beberapa perbedaan antara cara sholat orang Indonesia sama orang Arab sana.

1. Al-Fatehah

Kalo di Masjidil harom, bacaan basmalahnya nggak dibaca gan. Tapi kalo orang Indonesia dibaca. Bacaannya setelah alfateeha juga selalu tidak dibaca gan. Berapa rokaat gitu tapi tak ada satupun rokaat yang dibaca basmalahnya.

2. Shof perempuan

Baik di Masjidil harom, masjid Nabawi, Masjid quba, dan masjid masjid di Arab, sof perempuan di belakang sof laki laki. Tapi kalo orang Indonesia shof cewek bersampingan dengan shof cowok. kalo Ane search di google kondisi sholat di masjidil aqso juga sama gan. cewek di belakang. Kalo ngliyat di istiqlal, beda gan!

3. Mengangkat tangan

Nah, yang gw perhatiin imam sholat di masjidil harom, sebelum ruku’ dia angkat tangan dulu. Tapi orang Indonesia umumnya nggak angkat tangan tapi langsung ruku’.

4. Bangun dari sujud

Yang gw perhatiin, setelah sujud dan mau bangun lagi, mereka langsung berdiri gan! perhatiin deh! ternyata nggak duduk sebentar dulu. Tapi ada beberapa yang duduk dulu bentar baru bangun. Tapi nggak banyak gan. Apalagi shof pertamanya.Setelah sujud langsung bangun lagi. Tapi kalo orang Indonesia mesti duduk bentar baru bangun lagi. Kayaknya jadi keharusan gitu dan mayoritas kayak gitu. Kalo di masjidil harom mayoritas langsung bangun gan.

5. Salam

Berkali kali ditonton bakal pasti sama aja gan. Coba deh perhatiin kalo mereka salam. Ane perhatian banget sama sof pertama terlebih sama orang orang yang dibelakang imam. Jadi pas imamnya salam, makmumnya itu baru salam setelah imamnya dua kali salam. Kalo orang Indonesia, imamnya baru satu kali salam langsung makmumnya ngikutin satu salam.oh,  Mungkin buat ngejaga biar nggak ngedahuluin kali yah gan.

Ya cuman itu gan hasil pengamatan nggak sengaja ane! Ane jadi penasaran kenapa bisa beda begitu. klik cendolnya dulu gan kalo nemuin sama kayak ane.

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

