Sekedar Share buat blog yang nggak keurus

Kebanyakan gw menjumpai blog rekan rekan SMA gw ataupun teman teman komunitas mahasiswa gw punya blog namun nggak keurus. Setahu gw aja, mereka mungkin nggak ngurusin karena kesibukan mereka yang udah makin padet, gagap ngedit blog, dan lain sebagainya.

Barusan gw search ke polling wordpress tentang top List penyebab kenapa banyak blogger yang males ngurus blognya. Alasannya satu, Blognya nggak ada yang baca!

Gw pernah ikut pelatihan blogging yang diselenggarain sama WordCamp Indonesia. Nggak cuman teknis, tapi juga pendekatan psikis yang dikasih dari pemateri. Nah, mungkin ini bisa mengilhami teman teman yang punya nasib merasa blognya nggak dibaca.

Yang pertama yang perlu ditanamkan adalah HOBBY! Lo harus hobby nulis, karena kalau hanya tujuan lain, misalnya ikut ikutan atau sukanya COPAST muluk ya mendingan urungkan niat dulu ingin lebih berkecimpung di dunia blogging yang bagi gw amazing ini. Oh yah, untuk masalah copast, lo emang perlu copast di awal awal kegiatan menulis lo. Ini berkaitan dengan masalah belajar kerangka berpikir. Tapi yang gw tekanin adalah, pas Copast, lo ngetik! jangan bener bner copy dan kemudian paste ala mouse. Nanti ketika lo udah ngasih 5 postingan maksimal, barulah mulai dengan ide menulis sendiri.

Yang Kedua, TULISAN DALAM BLOG ITU ADALAH INVESTASI. Informasi adalah investasi. Ini yang perlu teman teman ketahui dan resapi dalam dalam. Maksudnya investasi adalah informasi yang ada di dalam blog sifatnya abadi kecuali lo memang mendeletenya. Selain itu, Tulisan dalam blog mampu diakses oleh orang orang sedunia kapanpun. Jadi jangan pesimis duluan kalo misalkan postingan lo nggak diakses seminggu setelah posting. Nanti. Sambil berjalan postingan lo bakal bermanfaat. Informasi itu kan sifatnya datang kalo butuh. Kalo nggak butuh ya nggak dateng. Jadi lo juga perlu nyari postingan yang seru nan kreatif biar nggak terkesan majemuk sehingga saat nyari di search engine, blog lo nggak muncul di page one mbah google.

Yang ketiga, JANGAN PESIMIS NGGAK ADA YANG KOMEN. Karena berdasarkan statistik yang diadain wordcamp Indonesia sendiri, 11 dari orang yang melihat postingan itu 1 orang ngasih komen. Kesimpulannya adalah komentar yang ada nggak nunjukin seutuhnya indikator jumlah yang ngliyat postingan lo. Mungkin prinsip ini bisa lo tanemin di tulisan lo yang lo posting tapi nggak ada fasilitas mengetahui jumlah yang mengunjungi postinga, misal lo gunakan surel atau link application ke Facebook.

Nah, bagi yang baru baru bikin blog atau sudah lama namun sudah lama pula nggak ngurusin blog, ada baiknya ikutin pelatihan pelatihan tentang blog. Cari link sebanyak banyaknya tentang informasi ini. Kalo sudah canggih ngolah blog, terutama wordpress, lo bakal bisa jadikan saran blogging lo sebagai media entrepreneur atau biasa dikenal writerentrepreneur. Semoga bermanfaat!šŸ™‚

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: