Arsy Allah : Singgasana Rajanya segala raja

Arsy Allah adalah tempat dimana Allah bersemayam (thoha : 5). Di Arsy ini, Allah bersemayam untuk menjalankan tugasnya ( Yunus : 3 ) Arsy ini terletak di langit ke tujuh alias paling atasnya lapisan langit. Di langit ketujuh sendiri sebagaimana diceritakan dalam hadist Bukhori bahwa di langit ketujuh ada surga firdaus yang posisinya di atas segala jenis surga. Di atasnya bersemayam arsy Nya Allah yang maha pengasih. Di langit ketujuh ini ada hamparan laut yang sangat luas kemudian berdiri 4 malaikat di atas air tersebut memanggul arsnya Allah. Pada hari kiamat nanti, jumlahnya akan ditambah 4 malaikat lagi sehingga total 8 malaikat (surat al haqqoh : 17).

Tinggi laut di langit ke tujuh tidak sampai melebihi ketinggian mata kaki malaikat tersebut. Malaikat ini sangat besar ukurannya. Waktu yang ditempuh untuk melakukan perjalanan dari telinga malaikat hingga pundaknya saja selama 700 tahun (Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu). Jika kecepatan kuda rata rata adalah 25 km/jam maka untuk perjalanan selama 700 tahun kita telah menempuh 25km/jam X 24 jam/hari X 356 hari/tahun X 700 tahun = 149 juta kilometer atau jarak bumi matahari. Ini baru telinga bagian bawah ke pundak.

Dari besar dan agungnya yang pol dari arsnya Allah, hebatnya lagi langit Allah tidak ada tiangnya. Ini keutamaan ciptaan Allah yang diterangkan pada surat arro’du ayat 2.

Kapan Arsy Allah diciptakan? Dalam surat Al A’rof  ayat 54 dijelaskan bahwa Bumi dan Langit diciptakan dalam waktu 6 hari. Kemudian Allah bersemayam di atas Arsy-nya. Keterangan ini diperkuat pula dalam surat yunus ayat 10. Diterangkan pula dalam hadist Bukhori yang diriwayatkan Ibni katsir ada seorang rojul yang bertanya kepada ibnu abbas tentang surat annadziyat [79] ayat 27 – 30. Dia bertanya ” Allah membuat langit dulu kemudian bumi atau membuat bumi dulu kemudian langit. Sebab aku bingung pada beberapa ayat”. Ibnu Abbas menjawab bahwa Allah menciptakan bumi dalam waktu 2 hari yaitu hari minggu dan hari senin. kemudian 2 hari berikutnya Allah menciptakan langit menjadi tujuh lapis termasuk arsy Allah, kemudian Allah menetap di langit. 2 hari berikutnya (yaitu hari kamis dan jumat) Allah menyempurnakan bumi dan seisinya dan Allah juga menyempurnakan langit sebagaimana bumi. Keterangan dari hadist ini juga memperkuat ayat yang sudah dikemukakan sebelumnya serta surat Albaqoroh ayat 29. Jadi dapat disimpulkan bahwa Arsy Allah diciptakan saat Allah menciptakan langit dan bumi dalam 6 hari.

Apa makna pengetahuan Arsy Allah ? Visualisasi ini tidak mewajibkan kita untuk membayangkan bahwa Allah punya semacam rumah dengan penjabaran kita di kehidupan dunia dan dalam konteks pengetahuan manusia yang terbatas. Keterangan yang saya ambil dari berbagai hadist dan alquran dari hasil mengaji menjelaskan  bahwa Arsy Allah itu memang ada dan kita cukup mengimaninya saja. Misalnya saja menurut ilmuwan bahwa bumi dan solar system ini tercipta 4 milyar tahun yang lalu. Bayangin, 4 milyar! Tahun itu bukan gundu! itu baru hasil penelitian manusia, masih banyak Ilmu Allah yang tidak ketahui. Arsy Allah adalah salah satu pengetahuan yang mampu diterima oleh akal manusia yang tujuannya hanyalah untuk mengetahui seberapa agung dan besar Allah itu.

2 Tanggapan

  1. akhirnya tahu arti dari arsy alloh……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: