Kue lebaran jadi Parameter keberhasilan silaturrahim

Kalo udah mau lebaran, banyak ibu ibu sibuk di rumah bikin kue untuk lebaran nanti. Saking pentingnya eksistansi kue di lebaran itu, kehilangan waktu buat bikin kue bukan masalah karena di pasar banyak di jual aneka kue kue yang mendadak melangit harganya. Kue ini diharapkan dapat disajikan di rumah dan pada saatnya lebaran nanti bakal dijamu bagi tamu yang hadir. Bisa tamu dari keluarga, bisa dari teman, bahkan bisa dari tetangga.

Pertanyaan menggelitik ketika ibu ibu sibuk konsentrasi dengan kuenya masing masing. Mereka adu cantik dan adu rasa dengan kue mereka. Mereka mencoba melakukan variasi agar makanan yang ada di rumahnya berbeda dari pada yang lain. Bisa berstandar makanan suku asalnya ataupun makanan khas negara eropa. Banyak banget. Nah, saat harinya lebaran, mereka saling berharap rumah mereka di datangi orang. Jadinya sistem menunggu ini bikin orang jaman sekarang jarang terlihat ramai ramai berkeliaran ke sana sini, berjalan kaki untuk mengunjungi rumah ke rumah. Impact yang begitu laris di beberaparumah yang gw kunjungi tahun lalu adalah kue mereka nggak laku hingga seminggu setelah lebaran. Mereka terhibur dengan minat anak anaknya dan suaminya inisiatif untuk memakan.

Sebenarnya siapa sih yang berhak jalan jalan kalo lebaran? Banyak yang gw temuin keluarga yang baru terbentuk 5-10 tahun punya arogansi yang lebih gede. Mentang mentang tajir tapi nggak gerak gerak pas lebaran. Jadinya lingkungan komplek perumahan pun terasa berbeda ketika melihat aktifitas orang orang di desa. Ya, ini bukan masalah perbedaan budaya, tapi ini berurusan dengan kewajiban di tanggal 1 syawal. Silaturrahim.

Yang muda nyapa yang tua, yang punya banyak kendaraan menyapa yang tidak punya kendaraan. Ya sepertinya ini bisa jadi rule di hari fitri nanti. Yang muda mudi mengunjungi rumah rumah orang orang yang lebih tua. Pasangan keluarga muda mengunjungin pasangan keluarga yang lebih tua. Intinya adalah yang muda datengin yang tua, yang kuat datengin yang lemah, yang lancar datengin yang kurang lancar.

3 Tanggapan

  1. iia dah tradisi lebaran pasti sibuk nyiapin kue kue,, biar meja rumah ga kosong lah hihi……….

  2. Cari yang specialist kue ulang tahun di bandung? http://www.kueulangtahunbandung.co.cc

  3. enak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: