Ngapain belajar????!

Kali ini ada 6 mata kuliah yang bisa gw ambil dari program studi gw teknik perminyakan Keenam mata kuliah itu adalah

  1. Teknik Reservoir I
  2. Teknik Produksi
  3. Teknik Operasi Pemboran + Praktikum
  4. Formation Testing
  5. Analisis Log Sumur
  6. Geologi Migas

Apa sebenarnya maksud mempelajari mata kuliah tersebut?

Teknik Reservoir I

Detailnya seperti apa? Mata kuliah ini kita akan mengenal dan memahami penggunaan dimensi dan bentuk konversi dari satuan yang biasa digunakan di lapangan. Kita juga akan mempelajari deskripsi dari tekanan reservoir, konsep volumetric calculation dan definisi dari cadangan minyak. Mata kuliah ini akan menjelaskan drive mechanism dan picked-up reserve, kemudian persamaan difusitas, serta persamaan aliran dan konsep produktivitas, decline curve analysis, amterila balance equation dan forecasting reservoir behavior.

Teknik Produksi

Mata kuliah ini mejelaskan tehnik memproduksi minyak dan gas berdasarkan pengetahuan tentang kelakuan aliran fluida reservoir dari productive layer menuju bottom hole, aliran fluida reservoir pada tubing, termasuk perlengkapan pada production well. Pada mata kuliah ini terdapat 4 ilmu yang tergabung ke dalam usaha produksi secara natural untuk mendapatkan aliran produksi secara optimum atau mengubah produktive layer potential-nya. bakal ada latihan manfaatin software

Teknik operasi pemboran

Secara singkat, mata kuliah ini memperkenalkan perlengkapan drilling, persiapan dan melakukan pemboran, drilling mud, teori cementing, mekanika batuan, masalah swelling, penggabungan data pemboran, grilling fluids hydraulic, merancang vertical drill string , directional drilling, perakitan bottom hole.

Formation Testing

Prinsip aliran fluida di media berpori untuk berbagai bentuk dan kondisi reservoir, karakterisasi reservoir berdasarkan single well testing, teknik type curve matching berdasarkan pressure dan pressure derivative type curve, karakterisasi reservoir berdasarkan multible well testing, formation testing untuk fluida kompressibel, formation testing untuk horizontal dan multilateral well, fromation testing untuk resrvoir dan wellshape heterogeneity, recent advancement dalam formation testing.

Analisis Log Sumur

Harapannya mahasiswa dapat mengetahui dan mampu melakukan cara cara untuk mendapatkan data petrofisik dari lubang bor dan menentukan formasi yang mengandung hidrokarbon serta mengevaluasi formasi tersebut termasuk menentukan cadangan hidrokarbon dalam reservoir. mata kuliah ini mengajarkan konsep dasar penilaian formasi, lingkungan lubang sumur; prinsip prinsip kerja dan pengukuran resistivitas radiasi, termal, dan elastic wave ; teori tentang well logging termasuk interpretasi logging produksi, aplikasi untuk evaluasi formasi menggunakan software.

Geologi struktur

Tujuan mata kuliah ini adalah agar kita mengetahui  nature dan mulajadi dari migas, konsep tentang pembentukannya dan akumulasinya di alam, serta mengetahui cara pencariannya atau eksplorasinya

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: