Tips Nyari Laptop buat Mahasiswa

Biasanya kalo masuk tahun ajaran baru kuliah, Para mahasiswa baru sibuk mencari laptop yang sesuai kebutuhannya saat kuliah nanti. Di pasar, Begitu banyak jenis laptop yang ditawarkan sehingga apa kebutuhan kita dalam penggunaan notebook begitu penting. Berikut ini adalah tips yang dapat membantu anda untuk menemukan jenis laptop yang tepat guna.

Cek ukuran dan berat Laptop

Pengalaman beberapa mahasiswa mengatakan bahwa ukuran dan berat laptop itu begitu penting. Karena tidak jarang seorang mahasiswa enggan untuk membawa laptop ke kampus lantaran ukuran laptop yang besar dan berat. Ukuran 12 13 inch itu sudah cukup untuk kamu. Biasanya banyak yang seukuran ini.

Jurusan anda apa?

Jenis laptop bergantung dengan jurusan yang diambil. Jika mengambil jurusan tehnik dan seni, mereka akan berhubungan dengan software yang bakal dijalankan. Yaa mungkin tidak untuk tingkat pertama, mungkin tingkat lebih senior lagi. Minimal, laptop yang dibeli punya prosessor 2,5 GHz agar software kamu tidak kelamaan dalam meng-excute. Tapi kalau hanya sekedar buat nulis laporan, baca PDF, internet, dll yang tidak melibatkan software yang krusial menurut kamu, gunakan laptop yang punya 2,0 GHz, 2,0 RAM , dan 100 GB hard drive

Koneksi Wireless

Nah ini penting banget sebab banyak fasilitas yang ditawarkan kampus untuk akses internet dengan Wi Fi. Cek ada atau tidaknya wireless internet card. Biasanya Laptop yang punya kemampuan nyari sinyal Wifi, kita tinggal cari tombol gesernya di samping dinding badan laptop. Kalau tidak, ada yang menjual secara terpisah. cuman agak ribet. Mending nggak usah karena harga nggak miring jauh.

Jumlah Slot buat USB

Hitung dulu ada berapa? minimal ada dua slot yang berdekatan soalnya banyak modem yang memerlukan 2 slot berdempetan. Semakin banyak semakin baik, 10 kalo ada. haha. Lebih bagus lagi ada slot buat Memory Card. Terbilang banyak jenis laptop yang berkapasitas ini. Biasanya dipakai untuk transfer data HP atau Kamera pada umumnya.

Masa hidup Batere

Pastikan Pilih yang batere yang punya masa hidup lama. Untuk Windows Vista, kita dapat mengatur profile pemakaian batere menjadi balanced, Powersafe, dan high performance. Power safe itu artinya penggunaan battery bisa lama tapi performance buruk misal dalam penggunaan games, musik, dan lain sebagainya.

Software Asli

Apa jadinya kalau sudah bagus bagus tapi dikasih software microsoft yang abal abal. Gratis kok! artinya si penjual udah ngasih cuma cuma windows 7 beserta microsoft office, beserta software yang lain. Jangan lupa minta di install PDF, Windows Media Player, Photoshop, dan lain sesuai apa sebutuhan kamu. Daripada download software di http://download.com yang bikin waktu dan ongkos berbusa mending sekalian gratisan. Jangan lupa software anti porn! sebagai pemula yang serba ingin tahu, sebaiknya pasang sebelum anda dikirimin notification nggak jelas di setiap email yang ngundang rasa ingin tahu.

Additional Service

Masing masing toko memberikan bonus yang bermacam macam. Ada yang ngasih bonus plastik anti gores untuk LCD. Ada lagi ngasih mouse, adalagi ngasih bagcover, bahkan adalagi yang cuman ngasih air minum. Yang pasti, kalau laptop suka dibawa kemana mana, pengalaman yang ada cepet banget gores. Kalau udah banyak tergores, Style laptop lo akan berkurang. Pastikan ada garansi yang bisa mencapai satu tahun. Untuk masalah garansi, disarankan kamu memilih toko yang deket dengan rumah karena kalau terlalu jauh, apa gunanya service gratis kalau harus mahal di transport.

Anti Virus …

Anti Virus yang kebanyakn dipakai adalah AVG anti Virus. Namun ada anti virus yang ampuh banget ngusir virus dari Flash Disc yaitu Smad Av. Pengalaman saya, ini terbukti menghanguskan virus jahat dari flash disc rekan saya. Asli buatan Indonesia lhooo hehe

r.g.s

5 Tanggapan

  1. salam kenal, share ilmu ya bro, copas deh…

  2. 17″ kegedean dan berat. menurut gw yang ideal sekarang 13″ atau 12″ deh..
    smad av download dimana, gal? ada yg gratisan?? hehe

    • jiahaha… gw salah baca properties hardware laptop gw. betul mbak, yang bener 12 bukan 17! ajzk ya

      cara downloadnya masuk ke http://smadav.net >> klik download rev 8.2 >> ikuti langkah selanjutnya. Tapi seinget gw dulu sign up dulu. gratisan kok mbak

  3. ooohhhoooho… alhamdulillah, saya suka yg gratisan! ^_^
    hihi
    ajkh yaaa..

  4. ” bahkan adalagi yang cuman ngasih air minum”
    wkwkw.. ngakak baca ginian.. nice info..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: