Jakarta Ulang Tahun!!! dih, ngrayain apaan?

Kemarin Jakarta berulang tahun yang ke 483. Tak terasa banget satu tahun telah berlalu begitu saja. Belum aja kemarin Jakarta Fair eh sekarang udah Jakarta Fair lagi. Benar benar saya hanya terfokus bagaimana waktu setahun itu habis dilahap kesia-siaan. Jika orang berulang tahun, Sikap dewasa dan bijak dalam dirinya adalah membuka target dan pencapaian pada tahun sebelumnya, terkabulkan atau tidak, tercapai atau tidak, kemudian write list keinginan keinginan yang bakal dicapai di tahun berikutnya. Kerasa serunya Berulang Tahun!

Mengapa oh mengapa, Kota gw dibesarkan, kota dimana gw pernah ditilang 8 kali oleh polisi, kota dimana gw pernah ketemu teman teman yang dulu kalangan pelajar kini gantung otak demi menjadi tukang ojek, Kota dimana gw pernah ribut pas nyongkel mata pemain bola, lalalalalalala… ini, ternyata tidak ada poin satupun yang tercapai saat ikrar sang gubernur tentang target pencapaiannya setahun yang lalu. Hectic banget! Kalo seandainya saja ada orang yang mati kelelep disungai, kesangkut di pohon bakau kemudian ternyata dia mati suri dan hidup lagi setelah kelelep satu tahun, mungkin dia langsung nyambung dengan kehidupan sekarang. No change radically!!!! “waktu satu tahun jakarta gitu gitu aja yaaaa”

Sebenarnya Jakarta udah harus….

  1. Memperbaiki Tata Kota
  2. Memperbaiki Transportasi Umum
  3. Memusnahkan Metro Mini (dan sejenisnya)
  4. Bikin Robot (Eh seriusss)

Memperbaiki tata kota

What? Jakarta ini suka sekali membangun sesuatu yang baru. Masalahnya terkadang apa yang dibangun ini tidak dipikir matang matang sehinga membuat tata kota makin ruwet.

Where? Yaelah, contoh paling gampang deh, U-Turn alias puteran. Setalah dibikin ternyata baru sadar telah membuat kemacetan. Jadi baru beberapa hari beroperasi, sudah ditutup dengan lapisan semen dan kerikil kerikil plus dedaunan yang bikin tidak enak dipandang banget. Lagi lagi,, well helloo…. pilar pilar ketololan yang masih berdiri kokoh di bilangan Senayan dan Kuningan. Yap apa lagi selain Monorel!! Nasibnya pegimana itu yak?

Why? Mungkin saking stressnya anggota dewan yang terhormat tentang kondisi yang udah berantakan gitu, bingung mau mulai dari mana, berapa anggarannya, bagaimana maintenance-nya. Makanya, seharusnya ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala atau bisa juga karena emang mereka tidak peduli, bisa aja kan?

How ? kalo diibaratkan tata kota ini seperti main Sim City, maka sebenarnya yang harus dilakukan adalah Quit, kemudian Next Game

Memperbaiki transportasi umum

What ? Transportasi umum alias angkot bertanggung jawab atas kemacetan yang makin lama makin parah. OK, mungkin kalaupun transportasinya bagus, Jakarta masih bakal macet. Tapi YANG TERJADI BUKAN KAYAK GINI! seharusnya banyak orang yang lebih nyaman naik transportasi umum bukannya malah ramai ramai kreditan motor dan mobil. Nah! Motor! Sumpah, ini nih biang keroknya!

Why? Tidak ada duit! mungkin kebanyakan dikorup…

How? Pinjam duit dulu kek, anggap ajah sebagai investasi. Atau dapat donor dana dari pemerintah dalam rangka Hemat Energi. Daripada sibuk ngluarin dana buat Geotermal dan Biofuel yang sampai sekarang belum Hot News di media sebagai langkah Hemat Energi, udaaah mendingan dana itu di-convert untuk perbaikan jalan dan pembelian tanah untuk jalanan. Macet bikin boros lhoo, bahan bakar gas yang dipakai transportasi umum seperti Bus Transjakarta tentu akan lebih hemat dan efisien.

Dan kudu diingat! jangan dikorupsi…please please please

Memusnahkan Metro mini (dan sejenisnya)

what? Sekilas, mungkin Metromini dan sejensinya terlihat sebagai bagian dari poin di atas yaitu masalah transportasi, yaitu masalah transportasi, eitsss, jangan terttipu, kendaraan ini adalah salah satu sumber masalah paling besar dan serius yang dimiliki Jakarta. Dia adalah

  • Sumber kemacetan
  • alasan mengapa warga jakarta ogah naik transportasi umum dan lebih memilih motor kreditan
  • Asap ngepul
  • No like to see… udah karatan, buang aja!!!

Why? Pastilah pemerintah takut didemo… cupu amat pemerintah kita

How ? Kasih kesempatan bagi supir dan kenek kenek metromini jadi supir dan waitress di dalam bus. Adakan recruitment dan seleksi. Yang putih, ganteng langsung lolosin ajah, yang tampang serem, tanyakan kesediannya untuk selalu pakai kacamata kekekekeke… bagi yang tidak lolos, yah elah, kasih duit aja dan beli metromininya. Pemerintah juga bisa jual tuh mesin untuk  yang lain. Jual ke India aja!

Bikin robot

WHAAT?? Ya bikin robot ajah, yang gede kayak Tranformer gitu, biar keren ajah. Sekalian bikin pelindung dari Polimer tingkat tinggi.

WHY?? hahaha nggak tahu. Padahal nggak ada alasan sama sekali mengapa harus begitu. udah buat ajah

How?? Kumpulin profesor terbaik seluruh dunia dan engineer engineer terbaik, dikarantina di lab, suruh bikin robot dibawah supervisi Doktor Tenma. Bocah!

22 Juni 2010, Reportase perjalanan dari kalimalang, tol cikampek, keluar senayan, thamrin, bundaran HI, Lion air tower, Mangga dua, Tanjung priuk, KBN, sampe akhirnya pulang lagi kerumah. hectic!

(*RGS)

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: