KISAH PAIJO MASUK SURGA – LUAR BIASA

Di dalam Surat Annisa ayat 69 dijelaskan barang siapa yang mentaati Allah dan rosulNya, mereka itu akan bersama sama dengan orang orang yang diberi anugerah nikmat oleh allah. Mereka itu adalah para Nabi, para siddiqin , para syahidin, dan orang yang Sholeh. Dengan kata lain, orang yang bisa taqwa kepada Allah dan rosulnya secara kaffah maka dirinya akan bersanding di surga firdaus bersama tokoh tokoh top dalam agama Allah.

Namun ternyata setelah kita mengaji lebih banyak, ada kriteria yang cukup unik untuk bisa masuk ke dalam surga firdaus tanpa harus terlihat sebagai sosok yang maniak ibadah. Siapakah dia ?

Jawabannya adalah seorang pedagang yang mampu mempraktekkan sifat JUJUR dan AMANAH dalam setiap aktifitas jual belinya. Seorang entrepreneur yang tidak pernah berbohong dan tidak pernah khianat jika dipercaya pelanggan. Simaklah hadist berikut:

٩٥٤- عَنْ اَبِي سَعِيْد الخدري رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه واله وسلم قال :

اَلتَّاجِرُ الصَّدُوْقُ الْاَمِيْنُ مَعً النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ. (رواه اترمزى وقال حد يڽ حسن

artinya Abi Sa’id Al khudri berkata bahwa nabi bersabda : “pedagang yang jujur dan amanah kelak di hari kiamat nanti akan mendapat kedudukan para nabi, para shiddiqin dam para syuhada” (HR tarmidzi dan termasuk hadist hasan)

Jadi, balasannya bagi pedagang yang jujur dan amanah balasannya adalah surga firdaus, top of the topnya tingkatan surga yang benar dikhususkan bagi hamba Allah yang punya prestasi sangat mengagumkan dalam praktik ibadahnya selama di dunia. Bisa bertemu dan berjabat tangan dengan semua nabi, bisa melihat rupa Allah yang saat melihatnya kita merasakan rohmat yang luar biasa. Begitulah polnya orang yang mendiami surga Firdaus.

 

 

Salah satu golongan yang pol pahalanya adalah para assyahidin atau mereka yang mati di medan perang dengan niat jihad fisabilillah. Misalnya saja pada zaman perang badar dan uhud, Hamzah mati di medan perang. Suatu ketika saat di surga, hamzah ketemu dengan orang yang tidak dia kenal selama hidupnya.

Hamzah : “wahai ahli surga, sampean ini siapa ya? kok rasanya selama hidup, saya tidak pernah melihat sampean!“.

orang itu menjawab : “Oh yah, masak sih belum pernah lihat, kalo gitu perkenalkan nama saya Paijo“.

Hamzah : “Paijo?? Wah, nama yang unik. Saya baru pertama kali dengar nama itu.  Nama anda sangat jauh dari nama nama orang arab yang saya kenal, misalnya saja usman bin affan, zubair bin awam, sa’ad bin waqos. Mungkin anda ini tidak tinggal di Arab yah… mungkin di sekitar arab gitu. Untuk pastinya pak Paijo tinggal dimana dulu?”

paijo       : “saya dulu tinggal di Geger Kalong.

hamzah : ” Geger Kalong ?? daerah mana ituh?  disebelah mananya madinah? deket dengan mesir yaa? atau kalau boleh saya tebak di dalam syam? “

paijo       : “waduh, daerah daerah itu sangat jauh dari tempat saya tinggal. Geger Kalong itu di Bandung pak, di Indonesia, kalo naik pesawat ke arab bisa habis 22 jam. jauh banget! Oh yah punten pak, bapak ini namanya siapa?

hamzah : “ Saya adalah hamzah, Saya hidup di zaman rosulullah SAW. Saya bangga bisa mati di medan perang. Saya pun ingin lagi hidup di dunia dan kembali mati syahid . Semasa hidup, saya penuh keberanian memperjuangkan agama Allah. sekarang saya menikmati LUAR BIASA hasilnya. Nikmat yang sangat pol dan kekal abadi di surga firdaus ini. Rasanya tidak setimpal dengan rasa takut dan rasa sakit yang saya rasakan, jauuh sekali kenikmatan yang saya dapat.

paijo       :” WAAAAAHHHHH… Rupanya ini pak hamzah yang sering masuk nasehatnya para ustadz ustadz dulu. Wah saya sudah dengar cerita bapak. Hebat banget pak hamzah! Kalo dibandingin sama ibadah saya mah jauh banget bandingannya!”

Hamzah : ” Ah bapak bisa saja! Tak usahlah merendah seperti itu sebab ahli surga ini sudah tentu orang yang pol ibadahnya. Kalau boleh saya tebak, bapak mingkin hamba yang ahli Puasa Sunnah!!

paijo        : “enggak!

Hamzah : ” Kalau begitu bapak sering melaksanakan Sholat sholat sunnah?? “

Paijo        : ” ah, malahan jarang!”

Hamzah  : “Oh palingan bapak orang yang ahli Shodaqoh atau ahli beramar maruf???

paijo       : “tidak tidak … saya jauh dari itu pak Hamzah!

hamzah  : “Hah?! Lantas bapak kok bisa masuk surga ini gimana caranya ?

paijo : “saya jualan bakso pak!

hamzah : ” Masuk Surga FIRDAUS karena jualan Bakso???????!!!!!”

paijo : ” iya, saya masuk surga firdaus sebab saya dapat menjalankan bisnis bakso saya dengan jujur dan amanah.

Ketika saya sedang sulit dalam berjualan bakso, saya tetap ingat tentang jujur dan amanah. walaupun

banyak godaan, saya tetap mempertahankan kejujuran dan amanah. Ketika saya sudah sukses, ternyata

godaan itu tetap saja ada. Saya tetap menjalankan bisnis saya dengan KEJUJURAN DAN AMANAH. Intinya

jangan pernah berbohong dan Amanah terhadap client. itu saja kok”

hamzah : “Oalahh, Saya tidak pernah berjualan bakso tapi saya yakin menjadi orang yang tetap jujur dan amanah dalam berdagang pasti adalah usaha yang sangat berat dan saking beratnya itu, dengan penuh kesabaran akhirnya bapak sukses dan diterima amalannya masuk surga firdaus ini. Selamat bapak paijo.

Paijo : ” Oh yah pak Hamzah, You are welcome!”


Ternyata menjadi seorang entrepreneur itu banyak sekali manfaatnya! Selain menjadi orang yang sukses dalam dunianya, misal duit banyak, waktu longgar, selain itu keuntungan seorang entrepreneur adalah jaminan surga firdaus yang kekal abadi selama lamanya KALAU DIA BISA JUJUR DAN AMANAH.

“GEROBAK INI PUN BISA MEMBAWA KITA KE SURGA FIRDAUS”

Satu Tanggapan

  1. subbahanallah ,, dasyat banget cerita in,wlpun bahasany kacau ,, tp bs menyentu jiwa,,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: