berdakwah lewat internet

“sampaikanlah walaupun cuma satu ayat”, begitulah seruan nabi Muhammad SAW kepada umatnya. perintahnya ini seolah cambuk bagi kalangan islam untuk selalu menyempatkan waktunya untuk berdakwah, sharing pengetahuan dimana saja, kapan saja, dan bagaimana pun keadaannya.

Pada zaman nabi Muhammad SAW, sistem berdakwah dilakukan dengan lisan.  Pada setiap aktifitas berdagang, nabi selalu berdakwah, mengajak kebaikan kepada orang orang yang dilayaninya sebagai pembeli. seiring berjalannya waktu, umat islam bertambah besar dan kuat. sepeninggalnya nabi, pada zaman kekhalifahan utsman bin affan, sistem berdakwah mulai dilakukan dengan cara tertulis. utsman membentuk tim pembukuan catatan firman firman allah yang diwahyukan dan membentuk kitab yang bernama Al Quran. selanjutnya kitab tersebut digandakan dan didistribusikan ke seluruh pelosok dunia.

itulah dulu yang berbeda di zaman sekarang yang segalanya instan termasuk proses beredarnya informasi. anda pasti mengenal internet sebab tidak mungkin anda bisa membaca blog saya ini. ya, internet saat ini sudah familiar dalam kehidupan kita. mayoritas mereka yang baru mengenal internet ,  semakin lama mereka akan semakin bergantung pada internet. Dengan internet kita bisa medapatkan berbagai macam informasi. mulai dari untuk tujuan pahala hingga untuk mencari dosa.

sadar akan besarnya manfaat, laju pertumbuhan internet di Indonesia makin meningkat. terlebih kalangan mahasiswa yang menjadikan fasilitas internet sebagai fasilitas perpustakaan dan jaringan sosial. walaupun umat islam yang menggunakan internet masih sedikit bukan berarti semangat berdakwah mereka menurun.

semangat berdakwah sebenarnya tanggung jawab moril bagi umat islam masa kini khususnya para mahasiswa. mahasiswa dengan segala kelebihannya dituntut sebagai agen sosialisasi sekaligus praktisi proses berdakwah dengan internet. keberlangsungan proses belajar berdakwah dan realisasinya serta berbagi pengetahuan antar mahasiswa dengan internet akan menciptakan sebuah generasi modern dalam perkembangan jamaah islam. singkat kata, jika dengan lisan saja selama hayat hidup nabi mampu membujuk orang menetapi kebenaran, maka bagaimana progress yang semestinya bila internet digunakan sebagai media berdakwah?

mungkin sebagian dari kalangan muda kita mendeskreditkan dakwah. ketika pertama kali mendengar kata berdakwah, kesannya berat, ilmunya belum sampai atau masih bingung mau objek nya siapa. dakwah bukanlah sesuatu yang menyulitkan. dakwah itu berarti menyebar luaskan ilmu kebenaran yang kita punya kepada orang lain. selama kita tahu dan menyebarkan ilmu bagaimana sholat yang sesuai tuntunan Alquran dan alhadist, bagaimana kita tahu yang harus dilakukan ketika stress ataupun tertimpa musibah, itu juga termasuk proses berdakwah.

internet hanyalah media komunikasi. sukses atau tidaknya berdakwah tergantung kepada kita. pembekalan mengenai ilmu pengelolaan media internet ini sangat perlu dilakuakn. diharapkan, selain mengerti dan memahami pentingnya berdakwah, sebagai mahasiswa juga perlu belajar bagaimana meningkatkan potensi teknologi dan berusaha meningkatkan softskill masing masing.

parameter keberhasilan berdakwah adalah kita turut andil dalam proses berbagi pengetahuan tentang islam. entah itu membuat blog, aktif dalam forum forum diskusi islam, saling berbagi nasihat lewat facebook, dan lain sebagainya.

janganlah jadikan facebook hanya sekedar untuk urusan cinta pribadi kita sendiri tanpa pernah sadar untuk mengembangkan islam, tidak pernah merasa bersalah bila tidak mengurusi agamaNya Allah.

*)

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: