Kemitraan ITB

jalur masuk ITB ini tergolong paling mudah dibandingkan dengan jalur jalur yang disediakan ITB. sebenarnya apa jalur masuk kemitraan ITB itu? jalur ini ada dua kategori. yang pertama adalalah kalur kemitraan melalui pemda provinsi. jika anda ingin masuk melalui jalur ini maka anda harus mengkonfirmasi pemda anda tinggal mengenai persyaratan seleksi perwakilan provinsi yang akan dikirimkan ke ITB. biasanya provinsi yang paling banyak mengirimkan wakilnya dikemitraan ini adalah provinsi riau. hal ini disebabkan keterlibatan provinsi riau yang berhubungan erat dengan segala praktik riset yang dilakukan ITB seperti kebijakan energi yang ada di Duri. Jakarta termasuk provinsi yang tidak ada perwakilannya untuk kemitraan ini.

kategori kemitraan yang lain adalah kemitraan jalur perusahaan. beruntung banget bila orang tua anda bekerja di tempat yang mana banyak lulusan ITB banyak berkerja disana, seperti, Indosat, Pertamina, Telkom, Gulaku, Krakatau steel, PLN, Chevron, dll. program kemitraan ini sebagai ungkapan rasa syukur itb yang telah memperkerjakan lulusannya. persyaratan untuk mengikuti ini sangat mudah secara teknis namun secara administrasi agak ribet. persyaratan secara teknis, anda cukup mencari informasi di kantor orang tua anda sebab program ini purely hubungannya antara ITB dengan perusahaan tersebut. informasi apapun yang ITB berikan tidak ada dari media lain kecuali dari perusahaan itu sendiri. update dan carilah informasi dengan sungguh sungguh! 7 perusahaan yang saya kemukakan diatas sudah dari tahun ke tahun memiliki MoU dengan ITB sehingga dipastikan adanya informasi kemitraan ini. sesungguhnya tidak ada persyaratan mengenai batas minimal nilai rapor! ini hanya kamuflase perusahaan. biasanya ini demi mengurangi persaingan bagi anak direksi untuk masuk ITB. adapun persyaratan nya adalah:

1 ) surat keterangan lulus dari SMA

2) surat keterangan tidak buta warna

3) surat keterangan bahwa orang tua bekerja di perusahaan yang memiliki kerja sama MoU dengan ITB

seingat saya hanya itu.

selanjutnya, setelah proses pendaftaran selesai, seleksi akan dilakukan yang waktunya bersamaan dengan USM daerah. soal ujiannya pun sama dengan USM daerah. namun pada saat penilaian, ITB hanya meloloskan jalur kemitraan berdasakan nilai minimal ITB bukan nilai minimal fakultas. estimasi saya, nilai minimal ITB adalah 60.

setelah dinyatakan lolos, anda akan diasramakan selama 2 bulan. lokasi asrama bagi pria ditempatkan di asrama putra ITB Kidang Pananjung dan wanita diasramakan di asrama putri itb kanayakan bandung. asrama disana namun mengikuti martikulasi di ITB. bahan martikulasinya pun adalah materi yang akan ditempuh pada semester pertama di ITB. hasil martikulasi ini juga menentukan fakultas mana yang berhak kita dapatkan. disinilah baru anda bersaing ketat.

mekanisme penilaian kemitraan ITB

bagi anda yang sudah puas dengan nama ITB, fase ini mungkin sudah puas bagi anda sebab anda dipastikan masuk ITB. tapi bagi anda yang puas dengan nama Elektro ITB maka janganlah puas dulu, sistem persaingan disini berbeda dengan USM. bila anda memiliki nilai martikulasi 70 dengan pilihan pertama FTEI, pilihan kedua FTTM, pilihan ketiga FTMD namun ternyata anda tidak masuk FTEI, anda tentu berharap dapat FTTM. namun jangan berpikir bahwa rekan anda yang hanya memiliki nilai 65 yang pilihan pertamanya FTTM akan anda kalahkan. sebab yang utama disini adalah minat.

selamat berjuang dan berdoa selalu

50 Tanggapan

  1. hm.. aku juga udah direkomenadsikan sekolah untuk ikut kemitraan ITB lewat pemda….

    insyaALAAH akhir januari ini tesnya…

    klo blh tau,,, msalah dana nya kira2 bagaimaa tu kak???

    ditanggung orang tua ato pemda???

    • untuk pemda, biaya akan ditanggung oleh pemda. Namun ada kewajiban dinas biasanya nanti setelah lulus dari ITB. masing masing daerah memiliki kebijakan sendiri sendiri. seperti contoh daerah riau. mereka yang utusan Riau saat angkatan saya, mereka ditangguhkan biayanya 80% namun harus loyal terhadap provinsi Riau.

  2. Wah.. Alhmdllah aq udah lulus kmitraan Itb. Tp bkan provinsi, melainkan yg kabupaten/kota.

    Tp ktanya, aq gag pake ujian lagi. Ntar lgsg bridging.
    Apakah bnar sprti itu?

    • langsung ditunjuk oleh pemda yah. mungkin iya.
      kalo sudah masuk bridging maka anda sudah dipastikan menjadi mahasiswa itb. cuman memang saat bridging akan diancam tidak lulus apabila tidak serius mtngikuti martikulasi. ini hanya kamuflase saja agar anda serius.

      yang terpenting adalah anda belajar yang benar saat martikulasi sehingga bisa maksimal di ujian penjurusan diakhri program bridging.
      semoga sukses

  3. Wah.. Terima kasih atas infonya..

    Kalo boleh tau,, apakah k3 alumni itb?

  4. halo …

    saya mau nanya..saya kan ikut KN- ITB 2010,apabila nilai saya melebihi nilai minimal fakultas,apakah saya harus ikut bridging ???

    • melebihi nilai minimal fakultas berarti lolos masuk kemitraan ITB. orang yang lolos itu pasti harus ikut bridging. mau berapapun nilainya, asal diatas nilai minimal tetep harus ikut bridging. kalo udah ikut bridging, anda udah dijamin masuk ITB ^^b selamat. cuman harus ikut bridging sesuai tata tertib. kalo gak masuk nyertain surat. disiplin dengan aturan pokoknya. boleh liar asal nggak ketahuan. hhe. tapi masalah penjurusan yang penting. bukan nama ITB-nya. nanti ada tes penempatan di akhir bridging. soal yang keluar adalah USM terpusat 2010. dari tahun ke tahun gitu soalnya. oke. semangat bro

  5. oh begitu..jadi hrus siap2 bridging donk.kalau bridging itu enak gak sih k??nanti diapain aja??kok bisa lama begitu??

    • begini, bridging itu sebenarnya curi start. materi TPB akan sedikit diambil. nikmati ajah. asik kok.

  6. Hm.. Wah.. Ada teman jg ni.
    Rizqyard.. Kmu anak kn itb daerah mana?
    Ada ym ato fb?
    Gw Pengen sharing…

  7. hmm
    saya nak cirebon
    add aja fb ane Rizqy Ardiansyah tindaon

    ok !

  8. Ok!

  9. Selamat malam kak, sy mau nanya ni.

    Di website itb, pgumumannya tgl 15 april ini. Dan bisa diakses jika mempunyai nmr peserta.

    Sdgkn sy, gag mempunyai nmr peserta. Soalnya gag pake tes kmrin.

    Jadi, apkh pengumuman kelulusan saya lgsg dtjukan k dinas pndidikan stmpt?

    Makasi kak ats wktunya.

  10. mau tny.,
    saya wktu dftar milih fak. stei,fttm,fitb,.
    nah,nanti waktu bridging harus konsisten sama fakultas itu ato boleh milih fakultas lain?
    trm kasih sblmnya . .

    • boleh milih fakultas lain kok. kalo menurut pengalaman saya, itu tuh cuman formalitas ajah. Ujian penempatan saat bridgingl-ah yang sangat menentukan

  11. kak, mau tanya.
    misalnya setelah kita udah lulus kemitraan, harus ikut bridjing yang fungsinya medongkrak kemampuan kita ya nggak sih?

    Nah, trus waktu tes penjurusan yang terakhir apa aja yang diliat..?
    minat kita sama nilaikita pas tes terakhir?
    bener nggak sih gosip yang bilang kalo kemitraan itu ntar cuma dilempar ke fakultas yg nggak favorit?

    • abis kemitraan emang harus ikut program martikulasi biar tidak kaget pas memasuki tahun TPB.

      pas penjurusan akhir itu nanti yang keluar adalah soal USM terpusat. jadi penilaian pure berdasarkan 2 kategori besar yaitu kemampuan analisis dan ketahanan mental.

      nanti pas akhir, metoda penilaian adalah :
      1. Berapa besar nilai kita dan minta kita
      2. Jumlah kursi yang sengaja disiapkan berdasarkan data statistik tahun tahun sebelumnya. misal FTTM biasa diberi bangku 15, dll

      mengenai gosip kemitraan itu cuman anak buangan itu nggak juga. Kalau emang layak masuk FTEI misalnya, kuota cuman 5 misalnya, tapi ada 7 nilai yang sama, 7 orang itu tetep diperjuangkan masuk FTEI kok. ini kejadian pas angkatan saya. Kalau emang berkompeten, ITB memberikan jalan

  12. mau nanya dong, jdi pas tes akhir bridging tuh kita ngerjain soal usm terpusat gtu?
    ada psikotes ma tbsnya gag?

    • yuppp… kita mengerjakan soal USM Terpusat… tidak ada psikotes dan TBS

  13. jdi pr ma ulangan selama bridging berpengaruh gag?

    • ngaruh juga… saya dulu hanya 3 soal untuk bahasa inggris yang saya kerjakan, tapi prestasi brdiging saya di atas rata rata… saya punya kesimpulan bahwa hasil bridging adalah hasil yang membantu saya masuk pilihan kedua saya

  14. jdi yg dimaksud nilai diatas rata2 tuh dr kuis ma tes bridging apa pas tes akhir aja?

    • jadi gini, sebenarnya lakukan saja yang terbaik untuk Martikulasi. Kalo misalnya ada kendala masalah nilai saat tes akhir dan psikotes + TBS saat USM daerah dulu, hasil martikulasi masih membantu kok. intinya mastikulasi adalah posisi akhir dari segala pertimbangan penjurusan fakultas

  15. oh…
    jdi psikotes wkt dulu msh megang peran jg y
    blh tau gag abang bridging angkatan brapa?

  16. mau nanya, ada gag yg pas tes ma kuis slama bridging nilainya gag bgs tpi bs msk pilihan pertamanya?
    yg plg menentukan yg pas tes akhir kan y?

    • beuh,, nggak tahu juga deh. tapi sepertinya ada juga. mungkin hasil psikotesnya dan TBS nya sangat memuaskan

  17. klo pr slama bridging tuh diperiksa apa cma biar rajin aja?

    • haha… udah jalanin ajah.. nggak usah perhitungan amat. ketahuan kok ITB dalam membaca siapa yang berpotensi dan mana yang tidak. If you there, force it with your calm

  18. mau nanya, wkt zaman lw ada yg kena kasus gag? kyk nitip absen gtu
    truz apa hukumannya?

    • waktu itu nggak ada… yaa jangan berulah ajah, sebab kalo emang ketahuan dengan bulat bulat, bisa brabe. tapi kalo setengah setengah mah, ya paling cuman digertak aja sama orang dari direktorat

  19. dulu ada anak bridging yg dr usm terpusat gag?
    brarti ntar enak dimereka dong klo soal placementnya usm terpusat

  20. ka bleh tw g kuota tiap fakultas zman kk brpa ja? n psrta brdging thun kk brpa org? trmakasi ka sblm’a

    • STEI : 8
      FTTM : 10
      FTI : 10
      FTMD : 15

      maaf, cuman ini yang bisa saya ingat di KN 2008

  21. kak, saya mau tanya, saya sekarang kelas 3 SMA, dan saya pingin masuk ITB dengan cara kemitraan..
    dan ayah saya bekerja di Pertamina, biasanya kapan si di mulainya tes atau penerimaan mahasiswa baru utk jalur kemitraan..

    • pengumuman biasanya udah datang desember awal. tesnya berbarengan dengan USM daerah. Yang musti dilakukan pada masa masa akhir tahun ini adalah ayah kamu sebaiknya lebih mengawasi segala informasi di kantornya. Insya Allah bakal dikasih tahu. COba aja dulu kunjungi http://www.itb.ac.id sudah ada pengumuman penerimaan mahasiswa baru 2011 atau belum. kalau sudah, kemungkinan besar informasi di kantor sudah ada.

      • ass..

        mw nanya kak, jalur kemitraan 2011 ini dilakukan tes ap gak..?

  22. untuk 2011 jalur kemitraan thu yang diterima berapa persen kak???

    terima kasih sebelumnya

    • dari tahun ke tahun, yang masuk ke kemitraan berjumlah 80 – 100 orang. terakhir angkatan 2010 sampai 116 orang makin lama makin bertambah. Kurang tahu pasti untuk 2011. mungkin tak jauh dari angka itu

  23. mas mau nanya saya, klo surat keterangan dri perusahaan itu yg kaya gmna? soalnya ayah saya sudah menghubungi org yg bersangkutan di perusahaan, kata dia suruh buat surat keterangan dri perusahaan aja. nah saya masih sedikit bingung tentang hal itu

    • saran saya coba tanyakan kembali kepada perwakilan MoU ITB di perusahaan tersebut. Karena merekalah yang berhubungan langsung dengan ITB. Tanyakan bentuknya seperti apa karena dulu saya tak perlu pakai itu. Hanya surat keterangan saya kelas XII, surat bebas buta warna, kartu keluarga, surat pernyataan bahwa saya adalah anak kandung pegawai perusahaan dan formulir pendaftaran. Coba tanya langsung ke bagian perusahaan. sistem ITB sekarang sudah banyak berubah

  24. mau nanya, kalo bridging udah pasti lulus dan dapet salah satu pilihan kita ga ?

    • kalo bridging sih emang udah pasti lulus. yang penting ikut ujian penempatan pas akhir masa bridging dan tentunya tidak ada kasus selama ikutan martikulasi

  25. klo formulir pendaftarannya itu ada di perusahaan? sudah nanya ke bagian MoU, katanya cuma disuruh buat surat keterangan bahwa saya anak pegawai yg bekerja di perusahaan yg bersangkutan

    • iya. waktu itu mekanismenya di HRD perusahaan belinya. Trus tentang surat ya mungkin sama kayak bikin surat pernyataan aja. cincay lah. hehe

  26. udah tanyain tapi katanya ga ada formulir mas. cuma disuruh buat surat pernyataan doang. trus klo persyaratannya sudah terkumpul semua gmn?

  27. a mau tanya kalo sekarangkan jalur itbkan katanya 60% snmptn undangan dan 40% snmptn tertulis,nah klo kemitraan yang lewat kantor orangtua itu gimana jadinya?

    makasih

  28. kak mau nanya

    ortu saya kan bekerja di pertamina, masing2 perusahaan kira2 dapet jatah berapa kursi ya? trus kira2 peserta kemitraan tuh berapa ya dari tahun2 sebelumnya? terus fakultas yang paling banyak di minati peserta kemitraan apa ya?
    terima kasih
    maaf merepotkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: